Relasi KPU Pasaman Perjuangkan Partisipasi Masyarakat Ditengah Pandemi

Relasi KPU Pasaman Perjuangkan Partisipasi Masyarakat Ditengah Pandemi

PASAMAN - Dalam upaya meningkatkan angka partisipasi masyarakat yang telah mempunyai hak pilih pada Pemilihan Serentak tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman telah membentuk Relawan Demokrasi (Relasi). Sebagai mitra KPU, Relasi berperan membantu mensosialisasikan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sumatera Barat dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman ke tengah masyarakat.

Relasi dihadapkan pada tugas berat. Di satu sisi mereka akan bertugas mensosialisasikan Pemilihan serentak di Pasaman disaat kondisi semakin ganasnya wabah Covid-19. Di lain sisi, angka partisipasi pemilih secara target nasional juga harus dicapai.

"KPU Pasaman telah melakukan bimtek secara maksimal bagi relawan demokrasi untuk Pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman tahun 2020, " kata Ketua KPU Pasaman, Rodi Andermi kepada Minangsatu di ruang kerjanya, Senin (26/10/2020).

Divisi Sosdiklih, SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Pasaman, Eria Candra juga menjelaskan bahwa ada lima basis relawan demokrasi yaitu basis keagamaan, warga internet, komunitas, pemilih perempuan, disabilitas.

Menurutnya, relawan demokrasi ini terdiri dari komposisi 90 orang Relasi yang menyebar di seluruh Nagari di Pasaman. Sebahagian besarnya, adalah relasi yang pernah bertugas pada Pemilu tahun 2019 yang lalu.

"Kita optimis peranan relawan demokrasi dalam mensosialisasikan Pilkada serentak tahun 2020 di Pasaman kepada masyarakat akan meningkatkan partisipasi pemilih pada hari H pencoblosan tanggal 9 Desember tahun 2020 mendatang" ujar Eria Candra.

Eria Candra menambahkan, KPU Pasaman optimistis meraih target nasional 77, 5 persen angka partisipasi masyarakat dapat tercapai.

"Sasaran relawan demokrasi sangat jelas, yakni adalah bagaimana masyarakat Kabupaten Pasaman yang telah mempunyai hak pilih di tengah pandemi ini tetap merasa aman dan nyaman untuk tetap datang ke TPS pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang. Untuk diketahui bersama, bahwa sosialisasi Pilkada yang digelar Relasi tetap dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, " pungkas Eria Candra.

Pasaman
Syafrianto

Syafrianto

Previous Article

Honorarium Petugas KPPS di Pilkada tahun...

Next Article

Sosialisasi Pilkada 2020, KPU Pasaman Tetapkan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Satria Ferry Sonarya verified

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 60

Postingan Tahun ini: 516

Registered: Sep 22, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 56

Postingan Tahun ini: 161

Registered: Feb 19, 2021

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 44

Postingan Tahun ini: 249

Registered: Sep 22, 2020

Siswandi

Siswandi

Postingan Bulan ini: 27

Postingan Tahun ini: 182

Registered: Oct 22, 2020

Profle

Suhardi

Dahulukan Kepentingan Masyarakat Erman-Marfendi Tolak Mobil Dinas Baru
Polda Kalteng Amankan Mafia Tanah Warga Jalan Bengaris Kota Palangka Raya
Gelar Aksi Demo di PLTA, Meski Tidak Diakui Oleh Depati 4 Alam Kerinci, Ujung Kerajaan Pagaruyung Ngotot Campur Urusan Adat 
Cuaca Ekstrim, BPBD Luwu Timur Himbau Warga Waspada

Follow Us

Recommended Posts

Tony Rosyid: Mengapa Presiden Cabut Perpres Miras?
Mabes Polri Resmi Luncurkan Polisi Virtual
Kodim 0305/Pasaman RAT 2021, Optimalkan Kesejahteraan Anggota
Antisipasi Narkoba, Polres Pasaman Tes Urine Ratusan Anggota
Ibu Riana Dorong UMKM Ciptakan Produk Kerajinan Berdaya Saing dan Marketable di Pasaran

Tags